Memilih Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis

Salah satu jenis asuransi yang paling penting adalah asuransi jiwa . Pada tahun ini, ada beberapa perusahaan yang meluncurkan produk asuransi jiwa terbaru.

Tak bisa dipungkiri, pemahaman dan kesadaran masyarakat Indonesia tentang perlindungan asuransi masih terbilang minim. Lihat saja data yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun ini.

Menurut OJK, saat ini penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah, yakni hanya 2,87%. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah di atas 5%.

Dari 100 orang Indonesia hanya sekitar 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi. Masih ada banyak ruang bagi industri asuransi untuk terus tumbuh.

Pemahaman masyarakat Indonesia terhadap pentingnya proteksi kesehatan dan jiwa dengan produk asuransi bakal meningkat. Hal ini, jika melihat potensi pasar di negeri ini, yang merupakan salah satu pasar besar dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Apalagi di Indonesia jumlah penduduk usia produktif dan masyarakat kelas menengah juga bertumbuh sehingga mereka membutuhkan proteksi finansial dan peluang investasi.

Produk Baru

Tantangan bagi industri asuransi jiwa adalah masih rendahnya literasi masyarakat terhadap
pentingnya produk asuransi. Karena itu, demi meningkatkan literasi masyarakat terhadap produk asuransi, dengan terus menggelar berbagai kegiatan literasi asuransi kepada masyarakat.

Ini termasuk literasi keuangan syariah kepada media-media nasional agar media bisa semakin paham tentang asuransi dan menyebarkan informasi ini kepada para masyarakat luas. Selain rajin menggelar program literasi asuransi, sejumlah perusahaan juga getol meluncurkan produk baru.

Pada tahun ini sudah ada beberapa perusahaan yang meluncurkan produk asuransi jiwa murni terbaru. Nah, bagi Anda yang ingin memproteksi jiwa melalui produk asuransi, KONTAN telah merangkum sejumlah produk baru yang diluncurkan sejumlah perusahaan asuransi di sepanjang tahun ini, antara lain:

Maestro Infinite Protection

PT AXA Financial Indonesia memiliki beragam produk asuransi kesehatan dan jiwa murni. Salah satunya adalah produk asuransi yang diberi nama Maestro Infinite Protection. Produk asuransi jiwa tradisional ini diluncurkan pada Juli 2017.

Produk ini memberikan perlindungan jiwa kepada nasabah hingga seumur hidup atau 100 tahun (wholelife). Maestro Infinite Protection memberikan tiga kepastian manfaat kepada nasabah.

Pertama, kepastian proteksi jiwa dan kecelakaan seumur hidup. Nasabah akan mendapatkan perlindungan seumur hidup hingga usia 100 tahun serta mendapatkan tambahan perlindungan kecelakaan 50% dari Uang Pertanggungan (UP) Dasar atau hingga Rp 1 miliar.

Kedua, kemudahan masa bayar. Nasabah dapat memilih masa pembayaran premi sesuai kemampuannya, yakni 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, atau 20 tahun dengan jumlah premi yang
sama selama masa pembayaran premi.

Ketiga, kepastian dana tunai di masa pensiun. Nasabah akan menerima manfaat dana tunai 20% dari UP Dasar ketika menginjak usia 65 tahun.

Dengan adanya tiga kepastian, Axa Financial membantu masyarakat dalam melindungi jiwanya dan memberikan nasabah kepastian kesejahteraan untuk orang-orang tercintanya di masa depan ketika risiko muncul.

Sun Critical Medicare

Produk asuransi jiwa besutan PT Sun Life Financial Indonesia ini diluncurkan pada September 2017. Produk ini merupakan jenis asuransi kesehatan yang memberikan pertanggungan terhadap empat penyakit kritis utama, yakni penyakit jantung, pembuluh darah jantung, kanker, stroke, dan gagal ginjal.

Betul, tren masalah penyakit kritis kini semakin marak terjadi di kalangan yang masih berusia produktif. Berdasarkan Survey Life Asia Health Index pada 2015 dan 2016, kecenderungan masyarakat untuk menjalankan pola hidup tidak sehat semakin meningkat.

Asuransi Sun Critical Medicare membidik pasar generasi muda dan pekerja pemula yang sedang menapaki karier di pekerjaannya. Memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis mulai tahap awal dengan harga yang sangat terjangkau, mengingat penyakit kritis kini tidak hanya diderita oleh kalangan lanjut usia, namun juga oleh generasi muda yang sedang giat-giatnya mengejar cita-cita.

Asuransi Sun Critical Medicare merupakan solusi perlindungan bagi masyarakat Indonesia terhadap penyakit kritis dengan manfaat lengkap dan premi yang terjangkau mulai dari Rp 3.000-an per hari atau Rp 90.000 per bulan. Jika dihitung, premi yang dikenakan hanya sebesar Rp 1,08 juta per tahun.

Dengan premi sebesar itu, nilai pertanggungan per tahun untuk tiap penyakit kritis yang disebutkan tadi adalah Rp 500 juta.

Yang menarik, tidak seperti produk penyakit kritis lainnya, Sun Critical Medicare memberikan perlindungan sejak tahap pemeriksaan, rawat inap, rawat jalan, pemantauan hingga tahap pemulihan.

Secara komprehensif, pemegang polis dapat mengajukan klaim hingga lebih dari Rp 4 miliar per tahun dengan perlindungan seumur hidup hingga usia 100 tahun. Selain itu, Sun Critical Medicare dapat digunakan untuk perawatan di tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura dengan standar perawatan kamar 1 tempat tidur.

Produk ini memberikan celebration benefit pada saat tertanggung menyelesaikan perawatan penyakitnya. Celebration benefit adalah santunan istimewa yang diberikan Sun Life untuk nasabah setelah menjalani perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *