Kesempatan Terbaik Usaha Bisnis Online karena Tumbuhnya Cepat

Nilai transaksi bisnis online alias e-commerce di kuartal III tahun ini diproyeksi lebih bagus dari periode serupa tahun lalu. Bagaimana peluang usaha online ?

Para pebisnis ecommerce optimistis laju bisnis belanja daring lokal masih seusai dengan proyeksi awal. Ini setelah melihat proyeksi hasil di kuartal III tahun ini.

Bima Laga, Kepala Divisi Pajak, Infrastruktur dan Keamanan Siber Indonesia Ecomerce Association (idEA), memastikan nilai transaksi ecommerce di pasar lokal di periode tersebut melonjak dibanding periode serupa tahun lalu.

Sayang, Bima belum merinci nilai transaksi tersebut. “Besarannya masih menunggu data yang tengah dihimpun idEA dan BPS, proyeksinya hingga akhir tahun bakal terus melonjak,” katanya kepada KONTAN.

Di periode tersebut, hampir semua sektor bisnis online tumbuh secara merata. Adapun untuk produk fesyen dan makanan dan minuman juga mengalami lonjakan transaksi.

Namun, Bima tidak merinci besaran nilai transaksi itu.

Kalau betul idEA berharap nilai transaksi e-commerce lokal sampai akhir tahun ini bisa tumbuh minimal 30%, maka nilai bisnis e-commerce domestik bisa tembus US$ 7,28 miliar. Dan angka tersebut dipastikan bakal terus tumbuh dari tahun ke tahun.

Ini tidak terlepas dari penetrasi internet dan pengguna gadget di Indonesia yang makin membuncah. idEA mencatat, tahun ini saja pengguna internet sudah mencapai 51% dari total penduduk Indonesia yakni mencapai 132 juta pengguna.

Makanya, CEO Tokopedia William Tanuwijaya optimistis nilai transaksi bisnis e-commerce di Indonesia bakal melonjak dalam beberapa tahun ke depan.

Kalau tahun lalu, dari total transaksi pembayaran ritel yang ada, transaksi online baru 1% saja, maka dalam beberapa tahun ke depan, khususnya empat sampai lima tahun bisa tembus 10% dari total transaksi ritel.

Apalagi, infrastruktur untuk memudahkan langkah bisnis online makin berkembang saat ini. Mulai dari ragam sistem pembayaran online hingga perkembangan bisnis kurir dan logistik.

Manfaatkan Google Bisnis

Google tidak mau ketinggalan dalam mengoptimalkan pebisnis kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut terus berupaya menggaet UMKM lokal supaya bergabung dengan salah satu fitur perusahaan ini yakni Google Bisnisku.

Ini adalah layanan yang memudahkan kalangan UKM mempromosikan dan menjajakan beragam produk dan layanan ke dunia maya di Google. Hasilnya memang tokcer.

Hingga kini tercatat sudah ada 850.000 UKM yang terdaftar di Google Bisnisku.

Namun mengingat jumlah UKM di Indonesia yang mencapai 50 juta pelaku, maka jumlah UKM yang Google rangkul masih kecil.

Untuk lebih mengoptimalkan jumlah pebisnis tersebut, perusahaan ini mulai memberi fasilitas tambahan di Google Bisnisku. Seperti ada fi tur posting (memunculkan artikel di intenet), tanya jawab, ujicoba situs, hingga ATM payment.

Menurut Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, seluruh fi tur tersebut bisa UKM dapatkan secara gratis. “Pemilik usaha bisa mengelola bisnis secara online dan bisa menarik pelanggan baru,” katanya, dalam peluncuran fitur baru Google Bisnisku, Kamis (26/10).

Ia berharap, adanya fitur tambahan tersebut minimal bisa mempertahankan jumlah pengunjung di Google Bisnisku. Seperti di fi tur ujicoba situs yang bisa memberi informasi cara meningkatkan performa dari situs pelaku usaha.

Langkah lain Google untuk bisa mempertahankan keberadaan UKM adalah dengan memberi fasilitas AdWorks Express. Ini adalah program kursus bisnis singkat selama lima menit yang berisi 24 kiat bisnis praktis.

Fitur yang sudah bisa diakses sejak Agustus lalu itu kini sudah diunduh sebanyak 400.000 kali.

Selain itu, Google juga membuat fitur AdWorks. Yakni layanan pembuatan iklan digital bagi para UKM. Sayang, manajemen Google tidak merinci tarif dari pembuatan iklan tersebut.

Yang jelas, layanan ini sudah dipakai sebanyak 200.000 pelaku UKM.

Setelah meluncurkan tambahan fitur di Google Bisnisku, Google masih akan terus memperbanyak fitur di layanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *